Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penyebab nyeri menstruasi haid serta cara mengatasinya

Apa penyebab nyeri menstruasi, haid, datang bulan ?


Apa Penyebab Nyeri Menstruasi ? Menderita nyeri pada saat haid atau menstruasi tidak menyenangkan. Hampir semua wanita mengalami ketidaknyamanan pada saat menstruasi mereka besar, ini tidak mengganggu kegiatan sehari-hari mereka. Namun, bagi beberapa wanita periode bulanan ditakuti, itu menyakitkan, bermasalah dan dalam beberapa kasus itu tidak mampu, dapat mengganggu kehidupan mereka karena ketidaknyamanan yang ditimbulkannya.

Apa penyebab nyeri menstruasi, haid, datang bulan ?

Disepakati bahwa nyeri haid adalah bagian normal kewanitaan, astaga! Itu sangat menyakitkan. Tetapi apakah Anda tahu mengapa itu terjadi ?

Sebelum anda dapat memahami nyeri haid, Anda harus mengetauhi terlebih dahulu sedikit tentang siklus menstruasi. Menurut Dr. Tokunbo Akinsanya seorang Dokter Kandungan, siklus menstruasi yang khas adalah antara 28 - 30 hari, itu adalah proses alami yang terjadi setiap bulan saat tubuh bersiap untuk masa subur. Pada awal setiap siklus rahim mengembangkan lapisan yang agak lunak lebih seperti pagar yang terbuat dari jaringan yang kaya darah lunak dalam persiapan untuk telur yang akan dilepaskan dari ovarium. Jika dibuahi telur akan berkembang menjadi bayi, sering kali pembuahan ini tidak terjadi lapisan darah yang kaya rahim yang ditumpahkan, karena tidak lagi berguna. Penumpahan ini adalah apa yang kita sebut periode, atau menstruasi. "Kram MENSTRUAL adalah nyeri perut dan panggul periodik yang dialami wanita ..."

Selama waktu ketika lapisan rahim sedang ditumpahkan anda mungkin mengalami beberapa rasa sakit kram di bagian bawah perut, punggung bagian bawah dan di bagian atas kaki anda. Para ahli telah meninjau bahwa alasan untuk rasa sakit ini adalah bahwa dinding rahim berkontraksi atau meremas untuk menghilangkan lapisan yang kaya darah lunak itu tidak lagi diperlukan karena anda tidak hamil. Untuk memfasilitasi penghapusan ini rahim mengeluarkan hormon hormonal yang disebut PROSTAGLANDINS. Sayangnya zat kimia inilah yang menyebabkan rasa sakit.
 

Inilah jawaban nyeri haid untuk anda ketahui supaya penangan lebih optimal di saat nyeri haid menstruasi.

Menurut Dr. Akinsanya dia berkata, "Nyeri disebabkan oleh kontraksi di dinding rahim, kontraksi ini disebabkan oleh pelepasan beberapa hormon yang diproduksi oleh lapisan rahim, hormon ini menghasilkan siklus kejang yang saling terkait seperti nyeri dan berdarah. "Tidak ada yang benar-benar tahu mengapa nyeri menstruasi berbeda pada wanita, untuk beberapa wanita dan gadis itu bisa ringan, di lain itu lebih kuat daripada sedang, para ahli telah menyarankan bahwa ini mungkin sebagai akibat dari sekresi prostaglandin yang menyebabkan rahim berkontraksi lebih keras mengurangi aliran darah ke rahim dan menyebabkan lebih banyak rasa sakit.

Jadi sekarang Anda tahu nyeri haid adalah hal yang wajar dialami bagi wanita. Yang lebih penting adalah bagaimana mengelolanya.

Apa penyebab nyeri menstruasi, inilah jawaban untuk anda ketahui supaya penangan lebih optimal.

Berikut 7 Tips Mengobati dan Mencegah Nyeri Haid atau Menstruasi

Berbagai macam sakit dan nyeri yang menyertai datangnya haid Anda setiap 28 hari atau lebih merupakan hasil dari serangkaian perubahan hormonal yang mempersiapkan tubuh Anda untuk kehamilan. Ketika Anda tidak hamil, tubuh Anda mengeluarkan telur yang tidak dibuahi serta lapisan rahim yang mengandung darah yang disebut endometrium. Kebetulan, tampaknya seolah-olah Anda berdarah. Jumlah sebenarnya dari darah yang hilang setiap bulan rata-rata sekitar 2 ons. Sementara siklus menstruasi dapat menjadi fakta kehidupan, nyeri haid.

Berikut adalah beberapa tips dan trik jitu yang dapat Anda pertimbangkan untuk mengatasi nyeri pada saat haid. 

1. Dapatkan Bantuan Dari NSAID

Obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen menetralisir prostaglandin yang menghasilkan nyeri. Jika Anda memilih salah satu dari obat-obatan yang dijual bebas ini, Anda dapat memaksimalkan manfaat terapeutiknya dengan mengambilnya pada saat yang tepat. NSAID sangat membantu ketika Anda mulai mengkonsumsinya satu hingga dua hari sebelum periode Anda, dan kemudian melanjutkan melalui periode Anda.

2. Membantu Diri Anda Dengan Herbal

Herbal yarrow dan fenugreek dapat membantu menjaga keseimbangan hormonal selama periode Anda. Keduanya merupakan sumber alami progesteron, hormon yang menyebabkan lapisan uterus menebal. Disarankan untuk memasukkan ramuan dalam air mendidih dan kemudian minum teh satu kali sehari selama durasi menstruasi Anda.

3. Bekerja Keringat

Oke, jadi Anda mungkin tidak ingin berolahraga sekarang. Tetapi cobalah, karena itu bisa membuat Anda menjadi dunia yang baik. Alasannya adalah bahwa olahraga meningkatkan produksi endorphin, yang merupakan penghilang rasa sakit alami tubuh Anda. Jika bergerak di sekitar terasa sakit, cobalah angkat beban atau naik sepeda stasioner, aktivitas apa pun yang tidak akan membuat Anda terlalu banyak berdesakan. Dan cobalah berolahraga secara teratur sebelum haid Anda. Ini dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan Anda.

4. Cobalah Bersantai

Berlatih teknik relaksasi dapat membantu Anda mengelola segala jenis rasa sakit. Pilih citra, obat-obatan, yoga, atau cukup berjalan-jalan. Temukan sesuatu yang sesuai untuk Anda.

5. Suplemen

Suplemen asam amino DL phenylalanine dapat membantu meringankan kram menstruasi. Anda mungkin menemukan asam amino dalam bentuk kapsul di toko makanan kesehatan, atau Anda dapat meminta apoteker Anda jika ia bisa mendapatkannya untuk Anda. Ikuti petunjuk pada botol untuk dosis yang tepat.

6. Tetap Hangat

Jangan biarkan tubuhmu menjadi dingin. Dingin menyebabkan kontraksi otot dan kejang. Panas, di sisi lain, dapat mengurangi keparahan kram. Panas lembab paling baik - mandi air panas, botol air panas, atau bantalan pemanas yang bersirkulasi air hangat. Metode perawatan apa pun yang Anda pilih, gunakan sesering yang diperlukan.

7.Opt Untuk Homeopati

Obat homeopati Magnesia phosphorica dapat membantu meredakan kram menstruasi. Dianjurkan mengambil empat tablet 6C tiga atau empat kali sehari, dimulai beberapa hari sebelum periode Anda dan berlanjut sampai kram Anda mereda. Anda akan menemukan Magnesia fosforika di toko makanan kesehatan dan dimanapun obat homeopati dijual. Semoga informasi mengatasi nyeri padasaat menstruasi ini dapat memberikan wawasan tersendiri untuk anda khususnya para remaja putri yang telah menginjak masa puber.


Baca juga 
  • informasi kesehatan lainnya dari Jamu Hijau melalui daftar isi

Posting Komentar untuk "Penyebab nyeri menstruasi haid serta cara mengatasinya"

FLASH SALE MURAH HARI INI

Belanja Online Murah Banyak Diskon Kaget 100%