Loading...

Gangguan pendengaran harus di atasi secara benar dan tepat

Atasi gangguan pendengaran dapat di lakukan beberapa tehnik serta alat bantu dengar serta pengobatan yang tepat.

Gangguan pendengaran harus diatasi dengan mengetauhi jenis gangguan pendengaran. Ada sejumlah gangguan pendengaran dan kondisi terkait yang dapat memengaruhi keseimbangan dan pendengaran anda, serta kemampuan anda memproses suara menjadi informasi yang dapat dipahami.

Gangguan pendengaran harus di atasi secara benar dan tepat

Di antara gangguan pendengaran ini adalah:
  • neuropati pendengaran
  • gangguan proses pendengaran sentral
  • semua kategori gangguan pendengaran
  • infeksi telinga tengah
  • penyakit Meniere
  • otosklerosis
  • presbycusis
  • tinnitus
  • dan tumor dari saraf kranial ke-8 (schwannomas vestibular dan neurofibromatosis) 
 
Inilah penjelasan dari istilah gangguan pendengaran tersebut.

Auditory Neuropathy (AN) 

Neuropati auditori adalah jenis gangguan pendengaran yang terjadi karena transmisi suara yang buruk ke saraf pendengaran dan otak. Sementara sel-sel rambut luar dari koklea masih utuh dan tidak rusak, transmisi suara masih tidak dapat diandalkan. Dimasukkannya neuropati dalam judul menunjukkan penyakit saraf perifer perifer, tetapi mungkin tidak ada disfungsi saraf pendengaran langsung dengan neuropati auditori. Ini mungkin gangguan sel-sel rambut bagian dalam koklea, sinaps saraf di saraf pendengaran, atau karena lesi saraf pendengaran. Perawatan mungkin termasuk alat bantu dengar atau implan koklea, tetapi keberhasilan tidak dijamin. 

Central Auditory Processing Disorder (CAPD) 

CAPD adalah gangguan pemrosesan informasi pendengaran. Pengolahan yang buruk dicatat oleh masalah dalam satu atau semua kategori berikut: lokalisasi suara dan lateralisasi, diskriminasi, pengenalan pola, integrasi, pemesanan, dan pengelompokan suara. Kehilangan pendengaran yang sebenarnya mungkin tidak harus hadir. Perawatan biasanya termasuk terapi yang berfokus pada mendengarkan, pemahaman, memori, dan sejenisnya, yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pasien. 

Kehilangan pendengaran 

Kehilangan pendengaran adalah gangguan kemampuan mendengar. Ada tiga tipe utama: konduktif, sensorineural, dan campuran. Gangguan pendengaran konduktif menyiratkan kerusakan atau disfungsi di telinga luar atau tengah. Ini mempengaruhi kenyaringan suara. Gangguan pendengaran sensorineural menyiratkan kerusakan atau disfungsi telinga bagian dalam. Ini mempengaruhi kejelasan suara. Gangguan pendengaran campuran melibatkan kombinasi dari keduanya. Perawatan mungkin termasuk manajemen medis dan alat bantu dengar. 

Infeksi telinga tengah 

Infeksi telinga tengah adalah infeksi pada ruang telinga tengah di belakang gendang telinga di mana tulang-tulang kecil telinga berada. Jenis infeksi ini dapat menyebabkan gangguan pendengaran konduktif sementara dan permanen. Perawatan adalah manajemen medis dengan antibiotik atau intervensi bedah dengan penempatan tabung pemerataan tekanan. 

Penyakit Meniere 

Penyakit Meniere adalah gangguan telinga bagian dalam yang dapat memengaruhi pendengaran dan keseimbangan. Pasien mungkin mengalami vertigo, tinnitus, dan gangguan pendengaran progresif yang berfluktuasi. Perawatan mungkin termasuk terapi untuk strategi mengatasi, intervensi bedah untuk kasus yang berat, dan fisioterapi. Alat bantu dengar juga cocok untuk mereka yang mengalami gangguan pendengaran. Seorang audiolog yang kompeten dengan pengalaman yang sesuai pasien dengan penyakit Meniere harus dikonsultasikan. Karena sifatnya yang fluktuatif dan progresif, alat kelengkapan sangat khusus untuk pasien ini. 

Otosklerosis 

Otosklerosis adalah kelainan yang menyebabkan pertumbuhan tulang yang tidak normal di telinga tengah, mencegah fungsi telinga tengah yang tepat. Kehilangan pendengaran mungkin konduktif, sensorineural, atau campuran di alam. Jika efek otosklerosis parah, intervensi bedah prostetik mungkin tepat. Namun, masalah yang lebih ringan biasanya akan ditangani dengan alat bantu dengar saja. 

Presbycusis 

Presbycusis adalah gangguan pendengaran karena proses penuaan alami. Alat bantu dengar dan alat bantu dengar adalah perawatan yang paling umum. Beberapa pasien mungkin juga memerlukan terapi pelatihan pendengaran untuk membantu dalam komunikasi sehari-hari mereka. 

Tinnitus 

Tinnitus adalah persepsi suara di telinga yang orang lain biasanya tidak dapat mendengar. Biasanya digambarkan sebagai dering, dengung, meletup, berdenyut, atau memekik, tinnitus dapat berkisar dari ringan sampai sangat mengganggu. Perawatan mungkin termasuk terapi intens dan program suara. 

Tumor saraf kranial ke-8 

Berbagai jenis tumor nonkanker atau kanker dapat tumbuh di bagian vestibular dan / atau pendengaran saraf kranial ke-8. Pendengaran dan keseimbangan mungkin terpengaruh. Pasien dengan tumor sering juga mengalami masalah tinnitus. Kehilangan pendengaran bisa progresif atau mendadak. Pembedahan sering diperlukan untuk masalah ini. 

Demikian tadi telah kita uraikan tentang beberapa gangguan pendengaran pada umumnya, semoga informasi ini dapat menambah wawasan kesehatan untuk kita, sehingga kita lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Gangguan pendengaran harus di atasi secara benar dan tepat"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan anda. Semoga blog Jamu Hijau menjadi referensi kesehatan alami terpercaya untuk anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel