Ramuan herbal solusi sehat alami | back to nature

Resep Jamu Beras Kencur Tradisional

Jamu tradisional banyak manfaat, warisan nenek moyang untuk anak cucu kita

jamu tradisional herbal alami, Jamu tradisional banyak manfaat, warisan nenek moyang, Herbal, hidup sehat, tips sehat, info sehat, jamu herbal, jamu kuat, jamu tradisional, manfaat jamu, sehat alami, wawasan kesehatan, berita kesehatan jamu hijau


Jamu tradisional banyak manfaat, warisan nenek moyang untuk anak cucu kita. Indonesia juga mempunyai ragam obat tradisional warisan nenek moyang yang sering dipanggil jamu. Tradisi meminum jamu memang telah ada sejak tahun 1300 pada zaman Kerajaan Mataram. Minuman Jamu lebih banyak disajikan oleh wanita, hal ini karena laki-laki pada saat itu lebih berperan untuk mencari tanaman herbal sebagai bahan utama jamu.


Meskipun jamu bisa digunakan untuk media pengobatan, akan tetapi tradisi ini lebih kepada menjaga kesehatan, mencegah sakit dengan menerapkan hidup sehat. Banyak ragam tanaman herbal yang bisa ditemukan di Indonesia, setiap wilayah memiliki khas jamu masing-masing. 

Jamu mampu menjaga tubuh manusia dari ujung kepala sampai ujung kaki, baik organ dalam yang vital sampai bagian kulit terluar. Ada banyak jenis jamu yang terkenal di masyarakat Indonesia adalah jamu yang mengatasi masalah lelaki dan wanita atau pasutri.

Selain itu, jamu yang dapat menghangatkan tubuh kita, memperkuat jaringan sendi dan menaikkan stamina serta menjaga ketahanan tubuh saat bekerja. Untuk jenis perawatan penampilan, beberapa dari jamu dapat juga menjaga kesehatan rambut, melembutkan kulit, dan bahkan mengurangi bau badan yang kurang enak. 

jamu tradisional herbal alami, Jamu tradisional banyak manfaat, warisan nenek moyang, Herbal, hidup sehat, tips sehat, info sehat, jamu herbal, jamu kuat, jamu tradisional, manfaat jamu, sehat alami, wawasan kesehatan, berita kesehatan jamu hijau

Bahan dasar jamu yang sering digunakan adalah, kencur, jahe, kunyit, lengkuas, temulawak, dan kayu manis. Madu, jeruk nipis, asam, dan gula jawa juga memiliki peran untuk menamba rasa manis dan segar pada racikan jamu yang cenderung pahit. Walaupun begitu, ada beberapa jenis jamu yang dibuat memang dominan rasa pahit, karena memilik kepercayaan, rasa pahitnya justru adalah bagian penting dari kemujarapan jamu itu sendiri. 

Mengolah bahan ramuan untuk dijadikan jamu tidaklah rumit. Mayoritas air jamu dihasilkan dari sari perasan tumbuh-tumbuhan herbal. Ada pula bahan-bahan yang ditumbuk kemudian dicampurkan dengan air lalu direbus dengan kadar panas tertentu, hingga saripati yang mengandung khasiat bercampur dengan air rebusan secara sempurna.

Hal yang perlu diperhatikan ketika membuat racikan jamu adalah takaran setiap bahan, suhu air mendidih dengan suhu tertentu dan lama waktu merebus. Hal ini jika tidak diperhatikan secara baik, maka bahan-bahan akan kehilangan khasiat manfaat jamu yang di inginkan, atau kata lain dapat berubah menjadi membahayakan tubuh. 

Dahulu di awal pertama ilmu kedokteran modern masuk ke Indonesia, tradisi mengkonsumsi atau minum jamu mengalami penurunan. Banyak masalah standar kebersihan pengolahan jamu, khasiat dari jamu pun turut dipertanyakan. Namun pada masa-masa penjajahan Jepang di tahun 1944, jamu herbal kembali populer di kalangan masyarakat dengan dibentuknya komite jamu Indonesia.


Sejalan berkembangnya ilmu teknologi, jamu telah banyak diolah serta dikemas dalam bentuk tablet, pil, atau juga bubuk instan yang mudah untuk dikonsumsi atau diseduh di rumah layaknya minuman ringan pada umumnya. 

Mungkin angan-angan yang masih melekat erat di masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Jawa ketika mendengar kata jamu adalah seorang wanita memanggul kerenjang berisi botol di punggungnya, diikat dengan selendang. Meskipun demikian, tradisi meminum jamu gendong yang masih asli sudah mulai jarang dan langka.

Sama seperti hal nya kebanyakan tradisi Indonesia lainnya, warisan resep jamu gendong tidak pernah diajarkan di pendidikan formal dan diajarkan secara turun temurun ke generasi-generasi muda. Sekarang ini, semakin sedikit anak muda yang ingin belajar membuat atau mengolah jamu.

Sosok wanita anggun berkebaya sambil menggendong kernajang jamu pun makin lama makin jarang ditemu baik desa maupun sudut perkotaan. Itulah sedikit wawasan tentang minuman khasiat warisan nenek moyang kita yaitu jamu.

Baca juga info herbal alami dari Jamu Hijau yang bermanfaat untuk menambah wawasan kesehatan :

Manfaat madu murni untuk kesehatan dan kecantikan
Obat jerawat alami dan manjur perlu untuk dicoba
Herbal alternatif sumber obat yang dahsyat
Tips memilih ramuan herbal yang baik dan aman
Daun katuk pelancar ASI alami untuk putra putri kita
8 Tanaman Obat Yang Berada Disekitarmu, Kamu Harus Tahu
Inilah 7 Obat Rambut Rontok Alami Yang Ada Disekitarmu
5 Penumbuh Rambut Alami Yang Mungkin Tidak Kamu Duga
Inilah Diet Sehat Ala Perempuan Korea, Kamu Wajib Coba
Ketahuilah 5 Obat Sakit Perut Alami Ini, dijamin Ampuh
8 Asupan Pelancar Asi, Wajib Coba
5 Obat Sesak Nafas Alami Yang Aman Dan Mempan
Ini Dia Menu Diet Sehat Dan Murah, Patut Dicoba
5 Obat Jerawat Ini Sangatlah Ampuh, Kamu Wajib Coba
Manfaat Kunyit Untuk Penurun Demam
Obat Sakit Gigi Mujarab
Perut Buncit Apa Yang Harus Dilakukan
Obat sariawan tradisional perlu untuk di coba
Cara Benar Mengatasi Vertigo
Tips Berguna Dan Produk Herbal Alami Untuk Menghentikan Ejakulasi Dini

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jamu tradisional banyak manfaat, warisan nenek moyang untuk anak cucu kita"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan anda. Semoga Jamu Hijau menjadi referensi kesehatan alami untuk anda.
JAMU HIJAU | Herbal Solusi Sehat Alami

INFO SEHAT POPULER

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel